SOSIALISASI DAN BIMTEK APLIKASI PASTI DARI BAKTI KOMINFO

Jakarta – Informasi Publik
Diskominfo Bengkayang berkesempatan hadir dalam kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi PASTI di Hotel JS Luwansa Jakarta pada Rabu, 14 Desember 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) ini mengundang 11 Diskominfo seluruh Indonesia untuk mengikuti Bimtek Aplikasi “PASTI” yang dikembangkan sejak 2020 dalam rangka meningkatkan pelayanan dan transformasi digital bagi pengajuan infrastruktur telekomunikasi di wilayah tertinggal, terpencil terluar, perintisan dan/atau perbatasan. Platform ini dibangun sebagai platform pengusulan lokasi Akses Internet dan Base Transceiver Station (BTS) bagi Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah.


Kadis Kominfo Kabupaten Bengkayang, Aleksius, S.Sos., M.Si sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap dengan adanya pelatihan dan sosialisasi Aplikasi PASTI dapat mempermudah diskominfo didaerah khususnya yang termasuk diwilayah 3 T (Tertinggal, Terpencil, dan Terluar) untuk melakukan permohonan BTS (Base Transceiver Station), Akses Internet, maupun penambahan Bandwidth atau kapasitas internet yang sudah dibangun.

Diskominfo Bengkayang sendiri dihadiri Kepala Dinas dan 2 staf Bidang Informatika. Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini menghadirkan Direktur Layanan TI untuk Masyarakat dan Pemerintah BAKTI KOMINFO, Danny Januar Ismawan sebagai narasumber. Pak Danny, sapaan akrab beliau memaparkan kondisi keterjangkauan layanan akses internet diseluruh Indonesia. “Jumlah Desa/Kelurahan seluruh Indonesia ini ada 83.218 Desa/Kelurahan dengan tercakup layanan 4G sebesar 85% dan tidak tercakup layanan 4G sebesar 15% dari total Desa/Kelurahan, dan ini secara bertahap akan terus dibangun sampai tidak ada lagi wilayah Indonesia yang blank spot atau tidak tercover sinyal Internet”, paparnya. (Diskominfo Bengkayang)